Thursday, April 12, 2012

Cara Membuat Yogurt Yang Enak dan Lezat

Yoghurt sangat bermanfaat bagi tubuh, selain bisa menghambat kadar kolesterol dalam darah yogurt juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu bagi bagi orang yang sensitif atau alergi terhadap susu, yogurt dapat menggantikan kebutuhan minum susu sehari-hari. Mengkonsumsi yogurt secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, disamping rasanya yang enak. Untuk alasan penghematan, anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan cara sederhana dan mudah. Berikut ini adalah cara sederhana dalam membuat yogurt sendiri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  1. 1 lt susu murni
  2. 0.15 lt susu krim
  3. 0.5 lt bibit yogurt (dapat dibeli di toko bahan kue)
Bila tidak ada bibit yogurt, anda bisa menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa  dan tambahan apapun), ini bisa dibeli di supermarket atau dari hasil pembuatan sendiri nantinya.

Cara membuat :
  1. Campur susu murni dan susu krim.
  2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit (tidak sampai mendidih).
  3. Angkat dan biarkan sampai hangat.
  4. Tambahkan bibit yoghurt.
  5. Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup dan steril (direbus selama 5-10 menit) sampai terasa asam dan kental.
  6. Hasil yogurt ini disebut plain, yaitu yang masih belum ada tambahan apapun. Ini bisa juga anda pakai sebagai bibit yogurt untuk pembuatan berikutnya.
  7. Tuang yogurt dalam wadah dari bahan kaca atau plastic yang steril, lalu simpan dalam kulkas (jangan masukkan dalam freezer).
Anda bisa mengkonsumsi yogurt begitu saja, namun agar tidak bosan anda bisa mengkonsumsi yogurt dengan cara membuat variasi rasa. Cara nya adalah dengan mencampurkannya dengan rasa kesukaan anda. Misalnya anda mencampurkannya dengan coklat yang dilelehkan atau dengan cara membuat jus buah yang dicampur yogurt.

Mudah bukan cara membuatnya ?
Selamat mencoba….

No comments:

Post a Comment