Friday, April 13, 2012

Cara Perawatan dan Pembersihan Kacamata


Semestinya anda mengganti kacamata anda setiap 2 tahun sekali. Hal ini untuk menghindari kerusakan mata yang lebih parah karena lensa kacamata yang sudah berubah kondisi karena kurang perawatan maupun karena kondisi lingkungan. Namun bila anda rajin merawat kacamata anda dengan cara-cara yang benar, maka kacamata anda dapat mempunyai umur pemakaian yang lebih lama. Berikut adalah cara perawatan dan pembersihan kacamata yang mudah agar kacamata anda awet.

Cara Perawatan kacamata :
1.  Sebaiknya anda jangan membersihkan kacamata dalam kondisi kering, apalagi saat permukaan kaca berdebu. Hal ini akan membuat kacamata anda tergores.
2.  Kalau terpaksa maka usahakan menggunakan kain berserat mikro yang sangat halus, seperti sutra. Penggunaan tissue tidak dianjurkan (kecuali terpaksa, hehehe).
3.  Saat membersihkan kaca, lakukan usapan-usapan lembut dan jangan menekan terlalu keras.
4.  Cucilah kacamata secara rutin dengan cara yang benar dan bahan yang aman.
5.  Simpan kacamata pada tempatnya saat tidak digunakan, dengan melilikan kain lembut pada kacamata,  agar terhindar dari debu dan panas.
6.  Jangan tinggalkan kacamata anda di dashboard mobil yang sedang diparkir di panas matahari. Karena ini akan membuat kacamata anda memuai dan rusak.

Cara Pembersihan Kacamata :
1.  Basahi kacamata dengan air (lensa dan framenya harus dibasahi secara merata). Jangan pakai air panas, cukup gunakan air kram saja.
2.  Ambil pasta gigi dalam wadah kecil, campurkan dengan sedikit air.
3.  Oleskan pasta gigi pada tempat-tempat yang kotor di kacamata anda secara merata. Biasanya daerah di mur gagang frame, dan dua pengganjal hidung banyak ditumbuhi jamur.
4.  Biarkan beberapa saat.
5.  Basahi sikat gigi, dan gosok kacamata anda dengan lembut. Hati-hati jangan sampai menggores kaca.
6.  Bilas kacamata anda dengan air kran.
7.  Bilas dan keringkan dengan kain yang lebut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment